Jalan-Jalan ke Jepang Ep.2 – Membuat Visa Jepang

Jalan-Jalan ke Jepang Ep.2 – Membuat Visa Jepang

* ingin membaca episode lainnya? Lihat seri Jalan-Jalan ke Jepang

passport[Foto oleh Realhj]

Selesai membeli tiket pesawat ke Jepang, saya langsung berburu informasi tentang gimana caranya membuat visa Jepang. Sebetulnya saya salah satu orang yang agak malas mengurus visa karena harus bolak balik ke Jakarta XD, tapi untungnya ngebuat visa Jepang nggak repot dan cepat.

Untuk membuat visa Jepang saat ini ada 2 opsi:

e-Paspor

Berbahagialah buat mereka yang sudah memiliki e-Paspor, mengurus visa ke Jepang menjadi sangat mudah. Cukup mengisi formulir dari rumah dan lalu datang ke kedutaan Jepang untuk menyerahkan formulirnya, setelah itu itu menunggu beberapa hari dan langsung mendapat visa.

Dengan cara ini kita tidak perlu repot repot mengisi formulir permohonan visa yang panjang dan riskan kesalahan pengisian. Lengkapnya bisa ke halaman resmi ini dari kedutaan Jepang: http://www.id.emb-japan.go.jp/news14_30.html

Berhubung saya belum memiliki e-Paspor dan tidak ada waktu untuk mengurusnya, saya tidak menggunakan opsi ini. Jika ada yang ingin mengupgrade paspor-nya jadi e-Paspor, bisa cek situs resmi keimigrasian Indonesia: http://www.imigrasi.go.id/

Cara biasa

Ini cara yang saya gunakan. Prosesnya lebih panjang dibanding jika memiliki e-Passpor. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk mendapatkan visa dengan opsi ini (perlu dicatat, langkah-langkah ini khusus untuk pengajuan visa dengan jenis visa yang saya inginkan, mungkin untuk jenis visa lain ada sedikit perbedaan):

  1. Membaca dengan detail terlebih dahulu seputar permohonan visa Jepang dari halaman web resmi mereka: http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html
  2. Pilih jenis visa yang diinginkan pada halaman web tersebut. Saya sendiri memilih jenis visa “Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri”
  3. Unduh, print, dan isi formulir permohonan visa dan jadwal perjalanan.
  4. Saya sendiri sebelum ke kedutaan sudah mengisi formulir permohonan visa dan jadwal perjalanan secara lengkap agar tidak repot di kedutaan nanti. Untuk jadwal perjalanan tidak perlu diisi terlalu detail, cukup masukkan secara kasar saja. Jika bingung mengisi jadwal ini, mungkin situs Lonely Planet Japan bisa menjadi referensi.
  5. Siapkan semua dokumen pendamping yang diperlukan, untuk jenis visa saya:
    • Paspor
    • Pas foto terbaru dengan ukuran 4,5 X 4,5 cm dan latar putih bersih, jangan coba coba diedit latarnya biar putih dengan photoshop. PENTING: latar putihnya harus benar benar putih, tidak boleh abu-abu atau agak kekuning kuningan. Jika salah warna latar bisa ditolak nanti.
    • Fotokopi KTP
    • Bukti pemesanan tiket
    • Print out rekening koran tabungan (kabarnya untuk ini bagusnya di dalam tabungan ada uang senilai 1.000.000 x berapa hari berada di Jepang, jika tidak ada uang sebesar itu mungkin bisa pinjem uang orang lain untuk sementara XD )
  6. Khusus untuk mahasiswa atau jika memohon visa untuk lebih dari 1 orang, ada dokumen tambahan yang diperlukan. Lengkapnya bisa mengecek halaman web ini: http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html
  7. Rapihkan semua dokumen dalam satu map dan disusun sesuai dengan urutan. Detail urutan dokumen bisa dilihat di: http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html
  8. Kunjungi kedutaan Jepang dengan dokumen dokumen tersebut, lokasinya pas banget di dekat Ex Plaza dan agak jalan sedikit dari Plaza Indonesia. PENTING: kedutaan Jepang buka di hari kerja dan untuk pengurusan visa dari jam 8:30 hingga jam 12:00.
  9. Di dalam kedutaan Jepang, ambil antrian untuk permohonan visa dan duduk cantik / ganteng sembari nunggu waktunya dipanggil hehe. Ada beberapa loket dikhususkan untuk warga jepang dan agen travel, jangan sampe salah datengi loket.
  10. Jika dokumen visa sudah dicek dan tidak ditemukan kesalahan, petugas loket akan memberikan slip untuk pengambilan visa dan nantinya harus membawa uang 350.000 ketika pengambilan visa.
  11. Visa baru selesai setelah 4 hari kerja. Jika semua tidak ada masalah, maka paspormu sudah dapat diambil kembali dengan visa Jepang :D

Itu lah cara membuat visa Jepang, agak repot memang kalo tidak memiliki e-Paspor. Tapi sepengalaman saya membuat visa Jepang tidak sulit dan kedutaan Jepang sudah memberikan info yang lengkap di web mereka seputar permohonan visa.

* artikel ini adalah bagian dari seri Jalan-Jalan ke Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.