Jalan-Jalan ke Jepang Ep.11 – Bersantai di Sungai Kamogawa Kyoto yang Jernih dan Indah

Jalan-Jalan ke Jepang Ep.11 – Bersantai di Sungai Kamogawa Kyoto yang Jernih dan Indah

0

* ingin membaca episode lainnya? Lihat seri Jalan-Jalan ke Jepang

Jika kita membayangkan sungai di Indonesia terutama di Jakarta, pasti yang terbayang adalah sungai yang kotor, banyak nyamuk, dan bau. Nah di Kyoto, ada sungai bernama Kamogawa yang jauh berbanding terbalik dengan sungai di Jakarta.

Jika bepergian ke daerah distrik Gion, kemungkinan besar pasti melewati atau setidaknya melihat sungai Kamogawa. Sungainya lebar, airnya jernih, tinggi air cukup dangkal (tapi jangan coba-coba untuk kecipak kecipak di tengah sungai XD), sisi-sisi sungainya yang ditata dengan rapih, dan rumput-rumput pendek yang sepertinya sengaja didesain agar bisa ditiduri.

Sungai Kamogawa - 01

Sungai Kamogawa - 02

Saya tidak menyangka akan menemukan sungai seindah ini di tengah kota Kyoto awalnya. Saking menariknya sungai ini, sering saya lihat ada turis atau penduduk lokal yang sedang duduk-duduk santai, tidur-tiduran, atau bermain-main dengan anaknya di pinggir sungai Kamogawa. Jika pernah menonton anime Jepang dengan adegan-adegan santai di pinggiran sungai, itu mirip sekali suasananya.

Saya pun tidak mau ketinggalan ikut merasakan duduk-duduk di pinggir sungai. Duduk-duduk melihat bebek-bebek berenang dan aliran sungai yang syahdu di sungai Kamogawa itu adalah salah satu pengalaman berkesan saya di Kyoto. Turis-turis lain saya lihat ada yang santai sekali membaca buku atau bahkan tertidur pulas menikmati sungai ini.

Sungai Kamogawa ini juga cukup panjang (23 kilometer) sehingga mungkin akan menjadi lokasi yang menarik untuk jogging di pagi hari atau bersepeda sembari menikmati pemandangan kota Kyoto dari sisi sungai.

Cara lain untuk menikmati sungai Kamogawa ini adalah dengan makan di restoran-restoran di pinggiran sungai yang banyak di antaranya memiliki balkon ruang makan yang menghadap langsung ke sungai Kamogawa.

Sungai Kamogawa - 03Restoran di pinggir sungai Kamogawa [sumber]

Jika masih belum puas dengan sungai Kamogawa dan ingin melihat sungai menarik lainnya, sungai Hozu / Katsura di distrik Arashiyama Kyoto bisa menjadi pilihan menarik. Sungainya lebih lebar dan lebih dalam dibanding sungai Kamogawa.

Ada banyak perahu-perahu kecil di sungai Hozu / Katsura yang nampaknya bisa kita sewa untuk mengililingi sungai sembari menikmati pemandangan distrik Arashiyama, Kabarnya dari yang saya dengar, daerah sungai ini jika malam itu sangat romantis apalagi kalo sambil naik perahu. Jika ke sini sembari membawa pasangan mungkin bisa dicoba :D

Sungai Hozu - 01

* artikel ini adalah bagian dari seri Jalan-Jalan ke Jepang

2 thoughts on “Jalan-Jalan ke Jepang Ep.11 – Bersantai di Sungai Kamogawa Kyoto yang Jernih dan Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.