Jalan-Jalan ke Jepang Ep.1 – Berburu Tiket Pesawat Murah ke Jepang

Jalan-Jalan ke Jepang Ep.1 – Berburu Tiket Pesawat Murah ke Jepang

* ingin membaca episode lainnya? Lihat seri Jalan-Jalan ke Jepang

japan[Foto oleh 663highland dengan sedikit perubahan]

Pergi jalan-jalan ke Jepang itu salah satu impian saya sejak kecil, alasannya sederhana: karena saya sejak kecil sudah “dicuci otak” dengan produk-produk buatan jepang mulai dari musik, film, game, anime, hingga manga.

Namun, impian saya ini awalnya agak susah terkabulkan karena untuk pergi jalan-jalan ke Jepang itu butuh dana yang tidak kecil terutama tiket pesawatnya. Setelah menabung cukup lama, akhirnya saya siap untuk berangkat ke Jepang secara finansial :D

Tahap pertama yang saya lakukan untuk persiapan berangkat ke Jepang tentunya ya mencari tiket pesawat ke sana yang harganya murah, maklum saya bukan orang yang dompetnya bisa nge-print duit sendiri secara otomatis XD

Untuk pesawat pulang pergi Jakarta – Tokyo, setelah saya riset sana sini dana yang harus disiapkan itu sekitar 5 hingga 7 juta rupiah. Cukup mahal menurut saya, bandingkan dengan ke Singapur yang cukup perlu nyiapin dana hanya sekitar 700.000 untuk pulang pergi.

Untuk cara mendapatkan tiket murah tersebut, ada 3 pilihan yang saya temukan yang bisa dicoba:

Pilihan 1

Jika tidak masalah berangkat ke Jepang di waktu yang tidak padat wisata seperti waktu bunga sakura berbunga, bisa memilih tanggal keberangkatan di waktu yang tidak mainstream seperti November hingga Februari. Biasanya harga tiket ke Jepang pada waktu tidak mainstream ini lebih murah.

Pilihan 2

Berburu tiket promo, namun ntah dengan kebijakan baru dari pemerintah apakah tiket promo dari maskapai penerbangan akan tetap ada atau tidak. Dengan tiket promo, harga tiket pesawat bisa dipotong besar-besaran bergantung dengan tawaran masing-masing promo.

Saya sendiri berhasil mendapatkan tiket promo dari Garuda Indonesia untuk pulang pergi Jakarta – Tokyo dengan harga 6,5 juta saja. Harga yang sangat murah untuk maskapai sekelas Garuda Indonesia. Tanpa ba bi bu, langsung saya beli saja tiketnya waktu saya melihat promo ini XD

Tiket yang saya beli keberangkatannya tanggal 21 Maret 2015 dan pulang 31 Maret 2015. Berhubung akhirnya bisa ke Jepang, ya saya lama lamakan saja di sananya :D

Sebetulnya kalo saya bersabar saya bisa mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah (sekitar 5 juta) dengan Air Asia dengan jadwal penerbangan yang sama. Saya cek pada tanggal 26 Februari 2015 saya bisa mendapatkan tiket dengan harga tersebut di Air Asia. Tapi ya sudahlah tidak perlu disesalkan.

Pilihan 3

Menggunakan maskapai dengan tarif normal yang sangat miring seperti salah satu maskapai murah dari Singapur ( macan air XD ) namun dengan banyak pergantian pesawat. Saya tadinya mau coba ini karena tarif normalnya ke Jepang untuk pulang pergi hanya 4 jutaan. Tapi melihat review review dari yang sudah menggunakan model seperti ini saya jadi mengurungkan niat.

~

Saran dari saya bagi yang berburu tiket murah ke Jepang, ada baiknya bersabar dan jangan terbawa emosi ketika membeli tiket pesawat. Siapa tahu bisa dapat tiket pesawat murah namun model perjalanan yang tidak ribet.

* artikel ini adalah bagian dari seri Jalan-Jalan ke Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.