Jalan-Jalan ke Jepang Ep.3 – Merencanakan Perjalanan

Jalan-Jalan ke Jepang Ep.3 – Merencanakan Perjalanan

* ingin membaca episode lainnya? Lihat seri Jalan-Jalan ke Jepang

Merencanakan Perjalanan
[Foto oleh Tim Sackton dengan sedikit perubahan]

Mengurus pesawat sudah, visa sudah, dan saya tinggal bersiap siap ke Jepang dan semoga tidak ada halangan nantinya untuk ke sana. Untuk urusan persiapan perjalanan, saya tipikal orang yang lebih senang merencanakan perjalanan dengan cukup detail dan memasukkan beberapa waktu bebas tanpa rencana perjalanan.

Berhubung biaya hidup di Jepang terkenal tinggi di dunia, perencanaan perjalanan dari sisi budgeting pun juga saya persiapkan dengan detail agar tidak terjadi pengeluaran berlebihan nantinya plus agar saya tahu berapa uang yang masih bisa saya “goyang” untuk hura-hura di jepang nanti :D

Dalam membuat rencana perjalanan saya termasuk budgeting, kedua situs ini sangat membantu: Lonely Planet Japan dan japan-guide.com. Situs tersebut sangat saya sarankan bagi yang belum familiar dengan Jepang seperti saya.

Dari kedua situs yang sebutkan, situs japan-guide.com adalah yang paling membantu saya. Mulai dari cara bepergian ke suatu daerah, tiket bis yang paling irit, hingga urusan rental kartu SIM berinternet yang murah ada di situs tersebut.

Tadinya saya ingin menjabarkan dengan detail persiapan perjalanan yang sudah saya lakukan, namun sepertinya akan lebih bagus jika saya tulis setelah saya kembali ke Indonesia dari Jepang.

Untuk sekarang, seri artikel ini akan memasuki masa hiatus hingga saya berada di Jepang. Doakan saya agar semuanya lancar :D

* artikel ini adalah bagian dari seri Jalan-Jalan ke Jepang

One thought on “Jalan-Jalan ke Jepang Ep.3 – Merencanakan Perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.