Jalan-Jalan ke Jepang Ep.5 – AnimeJapan 2015, Festival Anime yang Mengecewakan

Jalan-Jalan ke Jepang Ep.5 – AnimeJapan 2015, Festival Anime yang Mengecewakan

* ingin membaca episode lainnya? Lihat seri Jalan-Jalan ke Jepang

Awalnya, saya bersemangat sekali ketika mengetahui bahwa jadwal jalan-jalan saya di Jepang berbarengan dengan diselenggarakannya festival AnimeJapan 2015, festival anime yang kabarnya adalah festival anime terbesar di Jepang dan bahkan di dunia. AnimeJapan layaknya tanah suci bagi para penggemar anime dunia.

Di hari kedua saya di Tokyo ini, saya pun bangun pagi-pagi dan langsung menuju area AnimeJapan 2015. Saya beli tiketnya di lokasi acara seharga 1.000 yen, ntah kenapa beli ditempat malah diskon besar dari aslinya 1.600 yen. Saya sengaja datang agak pagi dengan maksud agar dapat menikmati AnimeJapan 2015 dengan lebih santai, ternyata di luar dugaan sudah ada ribuan, ya RIBUAN!!!, orang mengantri untuk memasuki acara ini. Kalo gak percaya yang ngantri itu ribuan, lihat foto-foto di bawah ini:

Antrian AnimeJalan 2015 - 1

Antrian AnimeJalan 2015 - 2

Rame banget kan antriannya. Jika ditotal, kira-kira saya berdiri ngantri selama 2-3 jam baru bisa masuk gedung AnimeJapan 2015. Gak bawa makanan dan minuman, kaki pegal-pegal, mood rusak membuat pagi hari kedua saya di Tokyo tidak berkesan.

Saya berpikir, mungkin tidak apa-apa ngantri panjang dan lama seperti ini karena acaranya bakal keren banget. Di sini adalah KESALAHAN FATAL saya kedua. Hampir semua materi di AnimeJapan 2015 ternyata menggunakan bahasa Jepang padahal saya kira bakal ada beberapa translasi bahasa Inggris. Gak ngerti bahasa jepang? Derita lu! Selamat berbengong ria di AnimeJapan 2015.

Ditambah lagi, area festivalnya sangat padat orang dan berisik, mirip ketika saya sedang jalan di pasar pas pagi. Tokoh-tokoh anime yang ditampilkan pun ternyata bentuknya hanya cardboard saja, saya kira bakal banyak cosplay resmi yang memamerkan karakter dari masing-masing anime.

Yang paling menarik bagi saya di AnimeJapan 2015 ini adalah area cosplay-nya. Saya bisa melihat para penggemar anime ber-cosplay ria dan bagi pemula disediakan panduan dan baju-baju untuk cosplay.

Selain cosplay, ada banyak figurine dan barang-barang anime yang unik yang dijual di AnimeJapan 2015. Berhubung saya tidak terlalu senang mengkoleksi barang-barang anime, saya hanya melihat dengan sekilas saja.

Cosplay AnimeJapan 2015 - 1

Cosplay AnimeJapan 2015 - 2

Cosplay AnimeJapan 2015 - 3

Mungkin festival AnimeJapan lebih cocok dikunjungi buat mereka yang ingin mencoba cosplay, mencari figurine-figurine langka, dan mengerti bahasa Jepang. Sayangnya, ketiga hal tersebut tidak ada di saya. Saya pun pulang dari AnimeJapan 2015 di sore harinya dengan badan lemas dan nyesel karena saya telah menghabiskan setengah hari lebih untuk sesuatu yang gak menarik. Masih lebih menarik saya nonton festival Jepang-Jepangan di Indonesia.

Tips dari saya jika ada yang ingin datang ke AnimeJapan, datang ke acaranya pas siang-siang aja karena antriannya malah dikit dibanding pas pagi hari. Dan siapkan bahasa Jepangmu agar dapat menikmati AnimeJapan.

* artikel ini adalah bagian dari seri Jalan-Jalan ke Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.