Pentingnya Pemahaman Seputar Psikologi Manusia

Pentingnya Pemahaman Seputar Psikologi Manusia

Entah apa ini saya saja atau memang sudah umum, menurut saya sepertinya orang lebih memperhatikan aspek fisik daripada aspek psikologis. Contohnya seperti ini, orang ditonjok dan ia merasa sakit akan lebih banyak mendapatkan perhatian daripada orang yang diledek karena kekurangannya. Padahal menurut saya kedua hal tersebut sama-sama perlu diperhatikan.

Aspek psikologis jika dibiarkan terus menerus menurut saya dapat menghasilkan efek yang cukup besar. Contohnya jika seseorang diledek terus menerus tanpa ada yang membantu atau memberi perhatian, bukan tidak mungkin dia bisa melakukan hal yang ekstrim seperti mencoba membuh diri, mengubah sikapnya secara ekstrim mengarah ke hal-hal yang negatif, dan lain-lain.

Setidaknya menurut saya kita semua wajib memiliki pengetahuan dasar tentang psikologi agar dapat berlaku yang tepat seputar aspek-aspek psikologi agar tidak menyakitkan diri sendiri atau orang lain. Dengan memiliki pengetahuan tentang psikologi kita juga dapat membantu orang lain dengan tepat jika mereka ada masalah.

Coba sekali-sekali bergaul dengan orang yang ahli atau sedang belajar di bidang psikologi untuk mengetahui berbagai macam hal yang menarik. Jangan tentang fisik saja yang kita cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.